5:48:00 AM

20 Teknologi Inti yang membentuk masa depan

Posted by Unknown

1. Teknologi genetika yang paling penting adalah recombinant DNA dan teknik antisense RNA. Teknik recombinant DNA adalah pemetaan, restrukturisasi, dan pemodelan kembali kode gen untuk menghilangkan atau memberikan suatu sifat tertentu. Berbagai cacat dan penyakit dalam tumbuhan dapat dihilangkan dengan menghilangkan gen yang berkaitan.
2. Biokimia modern, dengan teknologi monoclonal antibodies bisa mengikat molekul yang spesifik dan dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit, menunjukkan gen-gen tertentu dan memurnikan zat-zat tertentu. Juga sudah ditemukan obat yang dapat melawan kanker, seperti halnya Interleukin –2. Transplantasi sel janin dapat digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit darah (blood disoder), Parkinson dan diabetes. Transplantasi jaringan otak janin juga telah mampu mengembalikan hilangnya memori dan kerusakkan otak pada hewan-hewan percobaan, yang mungkin dapat menormalkan orang yang menderita Alzheimer, keterbelakangan mental dan luka pada otak. Obat-obat photoactive. Memungkinkan, obat-obat ditempatkan pada lokasi tertentu dalam tubuh dan kemudian diaktivasi ketika terkena cahaya.
3. Elektronika digital mengolah data-data elektronis dalam bentuk sinyal-sinyal ‘0’ dan ‘1’. Komputer meruaakan suatu alat yang merupakan bukti nyata kecanggihannya. Teknologi Digital Imaging mengkonversi data yang berbasis kertas, seperti kata-kata, gambar, dan grafik, ke dalam bentuk digital yang dapat dibaca dan dimanipulasi komputer. Televisi interaktif digital, yang menggunakan komputer atau prosesor dan chip-chip memori untuk mengolah, menyimpan, membuat dan mentrasmisikan informasi dan pemograman, akan mampu membuat aktif, pemirsa pasif seperti sekarang. Telepon selular digital nyaris tanpa distorsi, ia mampu mengirimkan informasi komputer tanpa modem. PCN (personal communication network) menjanjikan telepon PCN yang jauh lebih murah dibandingkan telepon selular, walaupun ukurannya lebih kecil.
4. Penyimpanan data optis seperti Advanced CD mampu menyimpan data, suara maupun gambar yang amat banyak dengan dimensi fisik yang relatif kecil. Saat ini informasi yang tersimpan dalam 2 ton ensiklopedi dapat disimpan dalam satu CD saja. Film Optis merekam data digital pada rol film panjang menggunakan laser di masa depan. Informasi diletakkan dalam permukaan tiga dimensi sebuah kristal sintetis. Kristal ini akan menjadi cara paling umum untuk menyimpan data yang amat banyak.
5. Advanced Video displays, dengan flat-panel display dan high definition television (HDTV) memungkinkan masyarakat abad 21 untuk memiliki rumah dengan tembok layar televisi besar yang memiliki kualitas gambar tiga dimensi sangat tinggi.
6. Advanced computer, benar-benar akan makin menjejali pasaran dengan bergabungnya teknologi komputer dan komunikasi yang akan mewujudkan hand-held personal assistant, suatu alat yang portable, namun dapat berfungsi secara serentak, sebagai electronic notepads, laptop, telepon selular, video-phone selular, facsimile, dan semua komunikasi dilakukan tanpa kabel apapun (wireless), dalam bidang teknologi manufaktur, multisensory intelligent robot , robot pintar yang dikendalikan computer super dengan berbagai sensor/indera elektronis, akan membuat jalur-jalur produksi berbagai pabrik sangat efektif.
7. Artificial intelligence (AI) dengan expert system (system pakar), object-oriented programming (oop), fuzzy logic (logika fuzzy), neural networks (jaringan syaraf tiruan), voice dan image recognition (pengenalan suara dan pengenalan citra), akan segera membuat komputer mempunyai kemampuan mirip kemampuan berpikir manusia. Dalam dunia biomedis, ini telah diterapkan untuk membantu dokter-dokter dalam diagnosa maupun terapi (misalnya untuk kelainan jantung dan gegar otak). Dalam dunia otomotif, ini akan segera mewujudkan mobil-mobil auto-driver yang bisa ngebut tanpa sopir dengan aman. Dalam teknologi peperangan, ini akan segera mewujudkan rudal-rudal cerdas yang dapat mencari sasarannya lebih akurat berdasar data-data grafis image sasaran yang disimpan dalam komputernya. Dalam teknologi komputer, ini akan segera mewujudkan komputer yang dapat berkomunikasi secara lisan dengan manusia.
8. Teknologi laser, dengan CD-nya yang lebih canggih serta holografi, akan banyak bermanfaat dalam penyimpanan memori optis, dan berbagai pembuatan bayangan holografis tiga dimensi. Holografi akan sangat banyak digunakan di periklanan dan lain-lain.
9. Serat optis, memungkinkan kita mentrasmisaikan sinyal telepon, televisi, radio dan data computer (baik data alfanumeris , grafis, maupun suara) dalam satu kabel serat optis sekaligus. Saat ini sekitar 35 kg kabel serat optis ini memrlukan energi untuk produksinya 5% dari satu ton kabel tembaga. Dan sebelum tahun 2000, satu serat optis tunggal akan mentransmisikan 10 juta percakapan pada saat yang bersamaan, padahal pada tahun 1988 baru mampu mencapai 3000 percakapan. (Jadi meningkat kira-kira 3300 kali lipat). Kemurahan dan kemampuan prima dari fiber optis akan segera membuat biaya jaringan telekomunikasi dunia turun drastis, dan ini jelas akan mendukung digunakannya internet secara global dan amat massal.
10. Microwave (gelombang mikro), yang terpenting digunakan untuk mentransmisikan berbagai informasi tanpa kabel (wireless). Penggunaan lain adalah untuk memanaskan objek dengan mengglobal nolekul pada objek tersebut.
11. Teknologi satelit akan berkembang ke arah peluncuran satelit-satelit LEO (Low Earth Orbit) dan DBS (Direct Broadcast Satellits). LEO memungkinkan setiap orang di planet ini berkomunikasi dengan telepon selular digital dengan orang lain. Sedang DBS menggunakan daya medium dan frekuensi tinggi, sehingga dapat mentransmisikan gambar kualitas super-VHS, suara kualitas SD, kemampuan untuk mentransmisikan sinyal HDTV, dengan biaya lebih murah.
12. Photovoltaic cells memungkinkan penyediaan sumber energi bebas polusi.
13. Micromechanics memungkinkan operasi-operasi dalam tubuh manusia dengan alat-alat inteligen mekanis yang berukuran micrometer. Misalnya penyumbatan koroner. Alat dapat dimasukkan melewati satu pembuluh darah dan dikontrol secara remote dan wireless melalui komputer di luar tubuh manusia. Kemudian, alat mikromekanis inilah yang menghancurkan penyumbat-penyumbat pembuluh yang dapat membunuh tersebut.
14. Teknologi polimer telah berhasil membuat polimer yang dapat digunakan baik sebagai baling-baling pesawat, sepatu olah raga maupun CD. Selain itu yang paling spektakuler, telah ditemukan polimer konduktif dengan konduktivitas sama dengan konduktivitas tembaga. Jadi ada plastik dapat mengalirkan arus listrik ! Apa artinya ? pada saat biaya manufakturnya murah, mungkin seluruh tambang tembaga akan ditutup.
15. High-tech Ceramics , memungkinkan membuat berbagai komponen mesin, lapisan tahan panas, tulang buatan, dan berbagai material lain.
16. Fiber-reinforced Composites diaplikasikan di berbagai aplikasi seperti bagian-bagian dari mobil dan pesawat, karena komposit-komposit ini ringan, tahan korosi, dan sering lebih keras dibanding baja !
17. Superkonduktor mempunyai resistansi hampir nol, sehingga dengan kawat-kawat superkonduktor, efisiensi transmisi energi listrik yang amat rendah saat ini dapat ditingkatkan hampir mencapai 100%. Apa artinya ? mingkin minyak menjadi tidak penting saat ini. Dengan superkonduktor pula, seluruh gardu listrik yang besar-besar saat ini akan menjadi gardu-gardu mini yang kecil. Kereta MAGLEV yang saat ini sedang diteliti di Jepang juga merupakan suatu keajaiban superkonduktor. Kereta ini tidak menempel pada relnya, tapi “semi terbang”. Dan saat ini baru bisa mencapai kecepatan 500 km/jam (kira-kira ½ kali kecepatan suara). Apa permasalahannya sampai saat ini ? belum ada superkonduktor yang bisa beroperasi pada suhu normal. Efek superkonduksi baru ditemukan pada suhu yang amat rendah (jauh di bawah 00C).
18. Teknik thin-film deposition dalam manufaktur berbagai material khusus, seperti pada fabrikasi semikonduktor, dan lain-lain.
19. Molecular designing, digunakan untuk merancang berbagai material baru dengan merancang molecule-by-molecule atau atom-by-atom. Inilah yang disebut nanotechnology Drexler, pengarang Engine of Creation : The coming Era of Nanotechnology, mengataklan dengan nanotechnology kita bisa memfabrikasi steak dari rumput atau jerami kering, sebagaimana sapi melakukannya. Sebuah rumah dapat dibangun dalam beberapa hari, atom-by-atom, dengan cara yang sama seperti pohon oak tumbuh dari bijinya. Almarhum Richard Feynman (salah satu pemenang nobel dalam bidang fisika)-lah yang pertama kali menyatakan kemungkinan ini.
20. Distributed Computer, komputer yang terdistribusi ke dalam segala sektor kehidupan dan makin ‘menguasai ‘ manusia. (Daniel Burrus dlm “Techno Trends”)

0 comments:

Result of google search