1:11:00 AM

Memasang Cakram Pahe ke Thunder 125 (2)

Posted by Unknown

Memasang master rem pada thunder memang membuat saya mengernyitkan dahi lebih dalam daripada memasang kaliper. Bingung dimana master rem akan ditaruh agar bisa bekerja dengan baik. Saya sampai 2 kali memasang master ini. Yang pertama bisa dibilang berhasil hanya untuk 2 hari, selanjutnya gagal. Laju thunder (thunder=petir, harusnya secepat cahaya) jadi terhambat. Berat banget bo… :(
Untungnya kunjungan ke bengkel GM menyelesaikan masalahku. Si empunya bengkel beserta anak buahnya yang notabene lebih berpengalaman punya teori yang OK. Dengan menggunakan kunci penyetel shockbreaker yang ditautkan di pangkal pedal rem, ketika pedal rem diinjak, master rem sukses ditonjok dan membuat laju thunder berhenti seketika untuk sementara.

Pemasangan penonjok master rem dan menentukan posisi master merupakan hal terpenting dari pemasangan rem. Salah kemiringan bisa membuat rem kurang pakem bahkan malah motor tidak bisa terhenti.
Untuk pemasangan master saya mengandalkan lubang dudukan saklar lampu rem. Memang hal ini harus mengusir saklar rem dari tempatnya. Dengan bermodal plat besi yang dibentuk “L” dan satu lubang di rangka footstep, master rem pun sukses menetap disana.

Tahap selanjutnya adalah menyetel rem. Siapkan 1 botol minyak rem, selang bensin motor bebek atau selang pembuangan aki. Pertama-tama copot caliper dari dudukannya. Pasang selang di pentil tempat pembuangan minyak rem yang ada di belakang caliper. Posisikan caliper lebih rendah daripada tabung.
Kendurkan pentil pembuangan minyak rem, posisikan pentil menghadap ke atas, hal ini dimaksudkan agar angin yang ada di dalam caliper keluar semua. Masukkan minyak rem ke dalam tabung ketika minyak dalam tabung mulai berkurang. Siapkan wadah bersih untuk pembuangan minyak rem, hal ini dimaksudkan agar minyak rem tidak terbuang percuma dan dapat digunakan lagi. lakukan hal ini hingga anda yakin semua angin dalam caliper keluar. Jika sudah, kencangkan baut pentil agar minyak terhenti keluar.
Pasang kembali caliper ke tempatnya. Tutup tabung minyak rem. Selanjutnya tes rem anda, apakah sudah berfungsi? Jika belum, kocoklah rem dengan menginjak beberapa kali pedal rem dan diakhiri dengan menginjak pedal dengan kencang. Tahan lalu kendurkan pentil pembuangan minyak rem, setelah minyak keluar, kencangkan lagi, niscaya rem anda telah bekerja dengan sempurna.
Selamat mencoba!

0 comments:

Result of google search