Memasang cakram belakang pada Suzuki Thunder 125 memang memerlukan perubahan dudukan di beberapa titik. Terutama di bagian sekitar rangka footstep dan pelek belakang. Yang perlu kita siapkan adalah:
1. 1 set cakram belakang untuk thunder 125.
2. 4 Baut+mur tanam baja panjang (bermata kunci L), dengan panjang ±8 cm. saya menggunakan yang 10 cm, lalu dipotong sesuai kebutuhan. Karena bentuk dan jenis adapter berbeda-beda, sesuaikan ukuran baut dengan adapter yang tersedia.
3. 4baut 12mm, panjang ±4cm untuk piringan.
4. 1 baut 14mm, panjang ±7 cm dengan 2 buah mur, 1 ditanam di dudukan kaliper
5. 4 baut 10mm, panjang ±2 cm+mur, 1 untuk pangkal pijakan rem dan mengikat master.
6. 1 baut 10mm, panjang ±4cm untuk mengikat master ke rangka footstep.
7. 1 baut 12mm panjang ±2cm+mur untuk mengikat ujung tonjokan master ke ujung master.
8. Pelat besi, bentuk L, untuk dudukan master.
9. Minyak rem.
10. Selang bensin/pembuangan aki.
11. bor, grinda, gergaji besi, kunci L, kunci pas/ring, dll.
Setelah menyiapkan segala sesuatunya, mari kita mulai memasang!
Dimulai dengan mencopot ban belakang. Lalu pisahkan pelek dari kampas rem, karet totokan (bantalan tromol), lalu bersihkan. Pasang adapter cakram thunder, beri tanda pada setiap lubangnya. Usahakan lubang mendapat area bebas di bagian karet totokan. Agar mudah dikencangkan pasang dengan baut tanam dengan mata baut menggunakan kunci L, mur dipasang di bagian karet totokan, jika ada kelebihan, potong dengan gergaji. Jangan sisakan terlalu panjang karena akan menyusahkan pada pemasangan karet totokan dan gir. Setelah adapter terpasang dengan baik, pasang piringan cakram dengan menggunakan baut 12mm.
Tahap selanjutnya adalah pemasangan kaliper. Pasang kaliper pada dudukannya dengan menggunakan 2 buah baut 12mm. Potong baut sesuai kebutuhan, potong kelebihannya karena jika sisa baut menyentuh piringan maka akan mengganggu kinerja. Selanjutnya, dudukan kaliper harus kita pasang pada As Roda. Pada tahap ini kita harus memotong silinder penahan tromol, ukur dahulu sesuai dengan kebutuhan. Karena ukuran tiap dudukan kaliper berbeda, sesuaikan dengan posisi piringan agar piringan nantinya bisa bergerak bebas.
Tahap selanjutnya memasang penahan dudukan kaliper. Tahap ini punya dua cara, untuk motor yang sudah mengadopsi monoshock, tinggal memasang stopper pada dudukan kaliper, namun jika belum ikuti tahap pengerjaan ini:
- Buang baut dudukan shockbreaker kanan dengan cara memotongnya, lalu bor baut hingga tembus.
- Cara kedua dengan memanaskan dudukan shockbreaker kanan dengan api las, lalu, pukul ke bagian dalam hingga terlepas, hati-hati jangan sampai membuat dudukan bengkok.
- Selanjutnya gunakan baut 14mm panjang menggantikan baut dudukan shock. Baut menghadap kedalam, kencangkan dengan mur untuk menahan shock. Lalu masukkan 1 mur ke dudukan kaliper pada slot stopper, kencangkan.
- Setelah tahap ini beres, maka pengerjaan pasangan kaliper dan piringan belakang telah selesai.
To be continue…
Social Networking
chatbox
|
FRIENDSITE
Download Centre
FREE SOFTWARE
FEEDJIT Live Traffic Feed
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
2 comments:
Dudukan cakram nya pake apa?
Pesan Adaternya yg cocock buat thunder fimana bang?
Post a Comment